INDIKATOR MUTU RUMAH SAKIT
RS NIRMALA SURI
Update Desember 2017

1. Tingkat Kepuasan Pasien di Rawat Inap
Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk serta penyelenggaraanya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang ditetapkan.
Kepuasan pasien dan keluarga tergantung dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh seluruh staff yang memberikan pelayanan di rumah sakit terutama perawat dan dokter. Selain itu fasilitas sarana dan prasana serta ketersediaan obat juga mempengaruhi tingkat kepuasan pasien dan keluarga.
Pengambilan data kepuasan pelanggan ini kami lakukan saat pasien sudah dinyatakan boleh pulang, jadi pasien dan keluarga menilai semua pelayanan selama dirawat di rumah sakit.

Selama bulan Januari hingga Oktober 2017 capaian kepuasan pasien dan keluarga menunjukkan diatas standar.
Besarnya persentase responden yang menyatakan “puas” terhadap pelayanan RS tidak menjadikan kami menghentikan upaya peningkatan mutu pelayanan kepada pasien. Rumah Sakit tetap melakukan pembenahan untuk meningkatkan kinerja pelayanan dan kepuasan pasien.

2. Angka Kerusakan Sampel Darah
Sample pemeriksaan adalah setiap material yang berasal dari tubuh pasien yang digunakan sebagai bahan pemeriksaan laboratorium. Jenis sample antara lain : darah, urin, tinja, sputum, cairan pleura, cairan otak, bilasan lambung, swab tenggorok, sekret : vagina, telinga, hidung, mata.Sampel darah adalah pengambilan darah yang biasanya dilakukan melalui pembuluh darah untuk diperiksa laboratorium.
Resiko yang terjadi saat pengambilan darah antara lain sampel darah rusak seperti lisis, beku, atau kurang untuk pemeriksaan. Sehingga menyebabkan pengambilan sampel darah harus diulang. Resiko tersebut dapat diminimalisir dengan meningkatkan ketrampilan petugas saat pengambilan darah, penanganan sampel saat akan diperiksa.

 

Angka kerusakan sampel darah di Laboratorium RS Nirmala Suri terbilang rendah. Mulai bulan Januari-Juni 2017 angka kerusakan masih berada di bawah standar yaitu 1 %, sehingga mulai bulan Juli 2017 disepakati untuk menurunkan standar menjadi 0% dan diperoleh hasil yang baik sampai bulan Oktober 2017.
Hal tersebut menunjukkan komitmen RS Nirmala Suri untuk selalu menyediakan tenaga kesehatan profesional untuk memberikan pelayanan yang bermutu dan mengutamakan keselamatan pasien. Sehingga seluruh pasien akan memperoleh pelayanan terbaik kami.

3. Kesesuaian Penulisan Resep dengan Formularium

Pelayanan farmasi rumah sakit merupakan bagian yang penting dalam sistem pelayanan kesehatan rumah sakit. Faktor yang dapat digunakan sebagai tolok ukur mutu pelayanan farmasi ialah pelayanan resep.
Formularium ialah daftar obat di rumah sakit yang disusun berdasarkan bukti ilmiah mutakhir memiliki manfaat bagi pasien. Obat yang masuk dalam daftar obat di dalam formularium adalah obat yang berkhasiat, aman dan dengan harga terjangkau yang disediakan oleh rumah sakit sebagai pedoman dokter dalam menulis resep.
Manfaat formularium salah satunya ialah untuk pengendalian mutu dan mengoptimalkan pelayanan pada pasien. Ketidak patuhan pada formularium akan mempengaruhi mutu pelayanan rumah sakit terutama mutu pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit.

Pengukuran kesesuaian penulisan resep dengan formularium dilakukan dengan cara membandingkan jumlah resep yang sesuai formularium dengan jumlah seluruh resep. Penulisan resep sesuai dengan formularium akan berpengaruh terhadap proses pelayanan. Penulisan resep di luar formularium menimbulkan penyimpangan terhadap perencanaan pengadaan obat dan obat-obat di luar formularium tidak disediakan di rumah sakit sehingga membutuhkan proses yang lebih lama dalam penyediaannya.
Pada Bulan Januari-Oktober 2017 menunjukkan hasil berada di atas standar. Hal tersebut menunjukkan sebagian besar dokter sudah patuh dalam menulis resep sesuai formularium sehingga obat dapat langsung diterima oleh pasien.