INDIKATOR MUTU RS NIRMALA SURI 2021

  1. Pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) pada bayi baru lahir di Rumah Sakit Nirmala Suri

Analisa :

IMD atau inisiasi menyusui dini adalah awal yang tepat bagi ibu dan bayi untuk memulai ASI eksklusif atau sebelum memulai proses menyusui yang sesungguhnya. Inisiasi menyusui dini tidak hanya memudahkan proses menyusui ASI, tapi juga menjadi momen ‘perkenalan’ yang dapat memperkuat ikatan antara ibu dan bayi.

Pemerintah Indonesia mendukung kebijakan WHO dan Unicef yang merekomendasikan inisiasi menyusu dini sebagai tindakan ‘penyelamatan kehidupan’, karena inisiasi menyusu dini dapat menyelamatkan 22 persen dari bayi yang meninggal sebelum usia satu bulan.

Rumah Sakit Nirmala Suri terus berupaya dalam melaksanakan dan mendukung program pemerintah dengan pelaksanaan IMD pada bayi dengan kelahiran normal maupun section caesarea (SC) di Rumah Sakit Nirmala Suri. Sehingga diharapkan akan menciptakan kesinambungan dalam pemberian ASI eksklusif di rumah sakit.

2. Persentase Pemberian ASI eksklusif pada bayi baru lahir di Rumah Sakit Nirmala Suri

 

Analisa :

ASI mengandung kolostrum yang kaya akan antibodi karena mengandung protein untuk daya tahan tubuh sehingga pemberian ASI eksklusif dapat mengurangi risiko kematian pada bayi. Kolostrum berwarna kekuningan yang dihasilkan pada hari pertama sampai dengan hari ketiga.

Rumah Sakit Nirmala Suri mendukung pencapaian program pemberian ASI eksklusif sejak dini di rumah sakit. Dengan pemberian ASI eksklusif selama ibu dan bayi dalam proses perawatan pasca melahirkan, akan meningkatkan keberhasilan ibu dalam pemberian ASI eksklusif hingga 6 bulan.