Kesehatan Tentang Kandungan Serta Manfaat Sayur Kangkung dan Jagung

Salam sahabat sekalian, berikut ini kita akan membahas menganai tentang sayuran serta manfaat yang terkandung didalamnya yang dimulai dari sayuran kangkung dan buah jagung yang menjadi kelanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas menganai sayuran dan klasifikasinya. Berikut ini adalah ulasannya,
Indonesia memiliki keanekaragaman tanaman sayuran yang sudah sepatutnya kita syukuri sebagai bentuk karunia Tuhan yang Maha Esa untuk kita semua. Setiap sayuran memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa kandungan dan manfaat sayuran.

a. Kangkung

Kangkung banyak terdapat didaerah tropis dan subtropics. Ada dua verietas kangkung yaitu kangkung darat dan kangkung air. Jenis kangkung yang biasa digunakan ialah kangkung darat karena proses budidayanya lebih mudah, dapat dilakukan didaratan rendah maupun daratan tinggi. Kangkung dapat tumbuh dengan mudah tanah lembab karena media hidupnya di Air.
Cita rasanya yang nikmat, daunnya yang lembut dan pengolahannya yang mudah menjadi berbagai macam menu membuat sayur kangkung banyak disukai masyarakat. Dau dan batang ujung kangkung yang masih mudah bisa dimakan mentah atau dimasak tumis hanya dengan sedikit garam dan bawang tumis. Selain dari rasanya yang enak, sayur kangkung juga kaya akan kandungan nutrisi dan manfaat.
Kangkung memiliki kansungan vitamin A yang tinggi yang berguna sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas pada kornea mata, serta mengandung beta korotin yang menjaga agar mata tetap sehat. Selain itu, kangkung mengandung vitamin C yang lebih tanggi dari buah-buahan yang dapat menangkal virus flu dan sariawan.
Kangkung mengandung zat bezi yang baik untuk menambah Hemoglobin, bermanfaat mencegah dan mengurangi animea, mengandung serat untuk mengatasi sembelit, dan ekstrak sayur kangkung baik untuk penyerapan kadar gula didalam tubuh dan menghambat proses kenaikan kadar gula didalam darah ( diabetes mellitus ). Apabila kita kesulitan saat ingin tidur, dengan mengkunsumsi sayur kangkung kita dapat tertidur pulas karena kangkung mengandung unsur sedative yang berfungsi sebagai obat tidur alami.

b. Jagung

Jagung memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Jagung memiliki banyak serat sehinga dapat memperbaiki saluran pencernaan, mencegah wasir, sembelit, dan juga menurunkan tingkat resiko kanker usus besar. Antioksidan yang terkandung didalamnya dapat membantu merawat kulit agar tetap awet muda. Jagung juga kaya akan mineral, memiliki kandungan zat besi, magnesium, serta fospor yang sangat dibutuhkan oleh tulang agar tetap sehat dan bisa meningkatkan fungsi ginjal. Asam volat (vitamin B9 ) yang tinggi pada jagung dapat mencegah animea, baik bagi wanita hamil karena dapat mencegah Bayi kekurangan berat badan dan cacat lahir. Kandungan karotenoid, vitamin C dan juga bioflavonoid yang terdapat didalam jagung manis dapat menjaga jantung agar tetap sehat dengan cara mengendalikan kadar kolesterol didalam darah serta meningkatkan sirkulasi sirkulasi darah didalam tubuh.
Demikianlah penjelasan singkat diatas semoga bermanfaat dan dapat menjadi ilmu yang berguna untuk kita semua.

“ Terimakasih dan sukses selalu menyertai anda “

Sumber : KEMENDIKBUD

Berikan Komentar

Alamat Email Anda akan kami rahasiakan Isi kolom yang sebenarnya