Minuman Yang Dapat Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Memiliki diabetes berarti harus menyadari bahwa makanan atau minuman yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kadar gula dalam tubuh. Mengetahui kandungan karbohidrat serta pengaruhnya terhadap kadar gula darah pada makanan dan minuman yang dikonsumsi merupakan hal yang sangat penting.
Minuman yang dianjurkan bagi penderita diabetes adalah yang memiliki kandungan kalori rendah atau yang tidak memiliki kandungan kalori. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya peningkatan gula darah secara signifikan.

Apakah minuman yang aman dikonsumsi penderita diabetes?

AIR PUTIH
Air putih merupakan pilihan terbaik bagi penderita diabetes karena air putih tidak memiliki kandungan kalori sehingga tidak meningkatkan kadar gula dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Mengkonsumsi air putih secara cukup dapat membantu menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin. Wanita harus mengkonsumsi sekitar 8 gelas air putih setiap hari, sedangkan pria harus mengkonsumsi sekitar 10 gelas. Menambahkan irisan lemon, jeruk nipis, jeruk, atau daun mint pada air putih dapat menambah kesegaran pada minuman.
TEH
Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki efek positif pada kesehatan secara umum. Teh dapat membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol LDL “yang jahat”. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum enam gelas teh dalam sehari dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2. Sebaiknya teh dikonsumsi tanpa menggunakan pemanis.
KOPI
Sebuah penelitian pada tahun 2012 menemukan bahwa konsumsi kopi dapat membantu menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2. Sebaiknya kopi dikonsumsi tanpa pemanis. Penambahan susu, krim, atau gula pada kopi akan meningkatkan jumlah kalori secara keseluruhan dan dapat mempengaruhi kadar gula darah.
JUS BUAH DAN JUS SAYUR
Jus buah dan sayuran yang dikonsumsi harus bebas gula dan merupakan jus yang dibuat sendiri dirumah. Campur jus sayur dengan buah untuk mendapatkan rasa yang lebih manis dan segar.

SUSU RENDAH LEMAK
Produk susu yang mengandung mineral bermanfaat bagi tubuh. Pilih susu yang tanpa pemanis dan rendah lemak. Hindari atau batasi susu kedelai karena mengandung tinggi karbohidrat.
Apakah minuman yang berbahaya bagi penderita diabetes melitus?
Minuman yang mengandung gula dapat menaikkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan kalori harian.

MINUMAN BERSODA
Minuman bersoda memiliki posisi teratas dalam daftar minuman yang harus dihindari bagi penderita diabetes melitus. Minuman ini juga dapat menyebabkan penambahan berat badan.
MINUMAN BERENERGI
Minuman berenergi umumnya mengandung tinggi kafein dan karbohidrat. Penelitian telah menunjukkan bahwa minuman berenergi dapat menyebabkan peningkatan gula darah dan resistensi insulin (gangguan insulin). Kondisi tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes tipe 2. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan kegugupan, meningkatkan tekanan darah, dan insomnia.
MINUMAN SODA RENDAH KALORI
Minuman soda rendah kalori menggunakan pemanis buatan yang dapat berdampak negative terhadap bakteri pada usus. Minuman ini dapat menyebabkan gangguan insulin sehingga memperburuk diabetes. Salah satu penelitian menyampaikan bahwa peningkatan asupan minuman soda rendah kalori dapat meningkatkan resiko sindrom metabolic. Sindrom ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, kadar kolesterol, trigliserida, kenaikan berat badan, dan peningkatan gula darah.
JUS BUAH DENGAN PEMANIS
Jus buah yang menggunakan pemanis dapat meningkatkan karbohidrat yang dikonsumsi dan meningkatkan resiko penambahan berat badan. Jus yang dikonsumsi sebaiknya tidak menggunakan pemanis.

MINUMAN BERALKOHOL
Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat memperparah tekanan darah tinggi atau kerusakan saraf akibat diabetes.

Berikan Komentar

Alamat Email Anda akan kami rahasiakan Isi kolom yang sebenarnya