Pilihan Olahraga Terbaik untuk Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran

Saatnya berbagi

Oleh Andisa Shabrina Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita

Anda ingin diet setelah Lebaran? Sebetulnya, kuncinya bukan hanya mengurangi porsi makan atau ikut tren diet terbaru saja kalau mau menjaga berat badan setelah Lebaran. Supaya Anda bisa betul-betul menjaga berat badan setelah Lebaran, Anda harus olahraga. Namun, Anda harus bijak memilih jenis olahraganya. Apa saja olahraga terbaik untuk menjaga berat badan setelah Lebaran? Simak di bawah ini, ya!
Pentingnya olahraga untuk jaga berat badan setelah Lebaran

Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengatur pola makan sehat, istirahat yang cukup, menghindari stres, dan melakukan olahraga teratur agar hasil diet setelah Lebaran jadi optimal.

Olahraga teratur berperan penting dalam menjaga berat badan. Pasalnya, olahraga dapat membantu Anda membakar kalori ekstra dan meningkatkan metabolisme Anda. Keduanya merupakan faktor-faktor yang diperlukan untuk mencapai keseimbangan energi yang dibuang dan masuk dalam tubuh.

Ketika Anda berada dalam keseimbangan energi, itu berarti Anda membakar jumlah kalori yang sama dengan yang Anda konsumsi. Akibatnya, berat badan Anda cenderung tetap stabil dan terjaga.

Harus olahraga berapa lama setelah Lebaran?

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas fisik sedang setidaknya 200 menit selama seminggu (30 menit sehari) punya peluang lebih besar untuk mengendalikan berat badannya.

Dalam beberapa kasus, tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi mungkin diperlukan untuk pemeliharaan berat badan yang sukses. Salah satu penelitian menyimpulkan bahwa satu jam latihan sehari cukup optimal bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan.

Namun, ini kembali lagi pada kebutuhan Anda masing-masing. Apakah Anda ingin diet setelah Lebaran agar lebih langsing, atau Anda hanya ingin mempertahankan berat badan Anda saat ini? Anda sendirilah yang bisa menyesuaikannya.
Olahraga yang efektif mengontrol berat badan setelah Lebaran

Untuk menurunkan dan menjaga berat badan setelah Lebaran, Anda membutuhkan aktivitas fisik yang tinggi kecuali Anda menyesuaikan diet Anda dan mengurangi kalori yang Anda makan dan minum.

Olahraga dengan intensitas tinggi yang dapat mengontrol berat badan setelah Lebaran antara lain:

Jogging atau lari
Berenang
Lompat tali (skipping)
Sepak bola
Basket
Futsal

Namun, jika Anda hanya ingin mempertahankan atau menjaga berat badan Anda tetap stabil setelah lebaran, Anda bisa melakukan latihan hingga 150 menit dengan intensitas sedang, 75 menit dengan intensitas tinggi.

Olahraga dengan intensitas sedang yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol berat badan setelah Lebaran, antara lain.

Berjalan cepat selama paling tidak 15 menit
Beres-beres rumah seperti menyapu, memotong rumput, atau mengepel
Bermain dengan anak-anak
Bersepeda santai

Meski begitu, lamanya waktu yang tepat dari aktivitas fisik yang dibutuhkan untuk melakukannya berbeda pada setiap orang ke orang. Ada kemungkinan bahwa Anda perlu melakukan lebih dari 150 menit aktivitas intensitas sedang selama seminggu untuk menjaga berat badan setelah Lebaran. *Salam Sehat Selalu* *Humas RS Nirmala Suri*

Berikan Komentar

Alamat Email Anda akan kami rahasiakan Isi kolom yang sebenarnya