Waspadai bagi yang sering sendawa, bisa jadi karena 5 kondisi berikut

Bersendawa merupakan hal normal yang dilakukan manusia. Namun, jika Anda terlalu sering sendawa, hal itu menunjukkan ada kondisi kesehatan yang perlu Anda waspadai.

Biasanya, frekuensi sendawa meningkat setelah Anda minum soda atau bir.

Jenis minuman tersebut mengandung karbon dioksida yang dapat meningkatkan jumlah udara dalam perut Anda. Gas yang terperangkap dalam tubuh Anda berusaha keluar melewati mulut sehingga sendawa pun terjadi.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang terlalu cepat juga dapat meningkatkan jumlah gas dalam perut. Cobalah untuk makan dengan tempo yang lebih lambat dan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Selain makan dan minum, masih banyak penyebab sendawa lain yang perlu Anda perhatikan.

Intoleransi laktosa

Banyak orang yang kekurangan protein untuk memecah laktosa atau biasa disebut dengan intoleransi laktosa. Artinya, laktosa tidak bisa dicerna secara maksimal dan justru mengendap dalam saluran pencernaan Anda.

Kondisi tersebut menyebabkan jumlah gas dalam tubuh meningkat sehingga Anda pun bersendawa agar jumlah gas berkurang. Selain meningkatkan frekuensi sendawa, intoleransi latosa juga dapat menyebabkan sakit perut.

Makanan pedas dan asam

Tidak hanya makan dalam tempo yang terlalu cepat, mengonsumsi makanan pedas dan asam juga dapat menyebabkan Anda sering sendawa.

Bagi sebagian orang, jenis makanan itu dapat memicu heartburn atau sensasi terbakar. Jika tubuh Anda sensitif, lebih baik hindari makanan pedas dan asam.

Asma

Tahukah Anda bahwa asma dapat meningkatkan frekuensi sendawa?

Saat saluran pernapasan Anda meradang, tubuh Anda perlu bekerja lebih ekstra untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Kondisi itu dapat menekan diafragma sehingga menekan gas di tenggorokan yang menyebabkan Anda bersendawa.

Permen karet

Sering sendawa bisa terjadi saat Anda mengunyah permen karet dan mengulun permen tanpa pemanis, lo. Tanpa sadar, ada banyak udara yang masuk saat Anda menikmati jenis permen tersebut. Permen tanpa pemanis buatan mengandung gula alkohol yang sulit diproses dalam tubuh sehingga meningkatkan jumlah gas.

Stres

Seseorang yang mengalami stres dan kecemasan dapat bersendawa lebih sering daripada biasanya. Saat gugup, tanpa sadar Anda akan menelan udara terlalu banyak yang dapat menyebabkan sendawa. Cobalah untuk mengelola stres dengan melakukan hobi atau b.

Bila Anda atau kenalan Anda mengalami beberap gejala diatas sebaiknya segra berkonsultasi dengan dokter Spesialsi Penyakit Dalam RS Nirmala Suri.

Salam Sehat Selalu.

Berikan Komentar

Alamat Email Anda akan kami rahasiakan Isi kolom yang sebenarnya