Yuk… Cegah Penyakit Jantung dengan CERDIK

Mengingat berbahayanya penyakit jantung terutama penyakit jantung koroner yang seringkali mengakibatkan kematian mendadak, maka sangatlah penting untuk melakukan pencegahan penyakit jantung koroner. Usaha pencegahan ini tidaklah sulit, cukup mengikuti beberapa langkah “CERDIK” berikut ini :

Cek kesehatan rutin

Apabila anda adalah seorang laki-laki dengan usia > 40 tahun atau wanita yang sudah memasuki usia menopause, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan berkala. Pemeriksaan kesehatan ini meliputi : pemeriksaan tekanan darah, kolesterol darah, kadar gula darah dan fungsi ginjal. Jangan abaikan setiap keluhan yang anda rasakan, misalkan sering sesak saat aktivitas, sering merasakan nyeri dada saat aktivitas, kaki bengkak, perut membesar, sering terbangun malam hari karena sesak. Karena keluhan tersebut bisa jadi merupakan awal dari suatu penyakit jantung. Selain itu apabila anda menderita penyakit kronis seperti hipertensi, kencing manis, atau penyakit ginjal kronis, sebaiknya anda lebih sering melakukan pemeriksaan kesehatan rutin serta minum obat teratur.

Enyahkan asap rokok

            Dengan berhenti merokok berarti anda menyelamatkan jantung dan paru-paru anda serta orang-orang sekitar anda. Berbagai metode untuk berhenti merokok telah dikembangkan diantaranya dengan obat-obatan serta kombinasi antara obat dengan psikoterapi.

Rajin aktivitas fisik

Aktivitas fisik merupakan setiap gerakan tubuh yang diakibatkan kerja otot rangka. Semua kegiatan sehari-hari termasuk aktivitas fisik. Sementara olahraga adalah bentuk khusus dari aktivitas fisik yang terencana dan sengaja dilakukan, misalnya senam, berenang, lari, bersepeda, dan lain-lainnya. Apabila anda adalah orang sibuk yang tidak sempat melakukan olahraga, anda dapat menyiasati dengan meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari. Misalnya dengan menggendong anak sambil berjalan-jalan bukan menggunakan kereta dorong, melakukan kegiatan rumah tangga seperti menyapu, mengepel, dan lain-lain , menggunakan tangga bukan menggunakan lift atau escalator.

Diet seimbang

Prinsip dasar pola makan sehat untuk jantung adalah : (1) makan buah dan sayuran minimal 2 porsi per hari , (2) pilih cemilan kaya gandum, (3) tingkatkan konsumsi ikan minimal 2 kali seminggu, (4) kurangi konsumsi makanan dengan kadar garam tinggi misalnya junk food dan lemak jenuh, misalnya minyak goreng berulang kali pakai, (5) konsumsi lebih banyak makanan yang diolah dengan direbus atau dipanggang dibandingkan dengan digoreng.

Istirahat cukup

Istirahat yang cukup harus memenuhi kuantitas dan kualitas yang baik. Kuantitas yang baik yaitu tidur minimal 7 jam setiap hari. Sementara tidur berkualitas baik ditandai dengan tidak sering terbangun saat tidur, bangun di pagi hari dengan segar, dan dapat tidur dengan mudah 30 menit setelah berbaring.

Kelola stress

Stress psikis merupakan salah satu faktor  penyumbang berbagai penyakit, salah satunya hipertensi dan penyakit jantung koroner. Sehingga mengatasi stress sangat penting untuk dilakukan. Berbagai cara untuk mengelola stress diantaranya : bicarakan masalah dengan seseorang yang dapat dipercaya, lakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan, kembangkan hobi yang bermanfaat, meningkatkan ketaatan ibadah , selalu berpikir positif, serta tenangkan pikiran dengan cara relaksasi atau rekreasi bersama teman dan keluarga.

Berikan Komentar

Alamat Email Anda akan kami rahasiakan Isi kolom yang sebenarnya