7 TIPS DAN KIAT PERAWATAN USAI KHITAN

7 TIPS DAN KIAT PERAWATAN USAI KHITAN

Setelah seseorang dikhitan, biasanya akan membutuhkan waktu sekitar satu minggu sampai sepuluh hari agar bekas lukanya kering dan dapat menutup dengan sempurna. Berdo’alah senantiasa kepada Allah Subhaanahu Wa Ta’ala karena Dialah satu-satunya Dzat yang bisa memberikan kesembuhan.

Berikut ini tips perawatan pasca khitan dan apa saja yang harus dilakukan?

1. Segeralah minum obat Analgesik

Segera setelah dikhitan sebaiknya minumlah obat analgesik (penghilang nyeri) yang diberikan dokter untuk menghindarkan rasa sakit setelah obat anestesi lokal yang disuntikkan habis diserap tubuh. Umumnya obat anestesi mampu bertahan antara satu jam sampai satu setengah jam setelah disuntikkan. Diharapkan setelah obat bius tersebut habis masa kerjanya maka dapat tergantikan dengan obat Analgesik.

Minumlah obat antibiotik secara teratur (umumnya diberikan untuk 5-10 hari) agar tidak terjadi infeksi yang pada akhirnya akan menghambat penyembuhan luka khitan.

2. Jagalah daerah alat kelamin tetap bersih dan kering

Usahakan celana yang digunakan anak lebih longgar untuk menghindari gesekan. Apabila sudah kencing, bersihkan ujung lubang kencing secukupnya secara perlahan, usahakan jangan mengenai luka khitan. Biasanya bercak-bercak darah bekas khitan juga akan menumpuk dan tampak seperti “borok” yang dapat mengganggu kesehatan. Jadi, sering-seringlah membersihkan penis setelah disunat. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak habbatussauda (jinten hitam) dua kali sehari sehabis mandi.

Jika sudah lebih dari 3 hari maka bekas luka khitan boleh dibersihkan dengan air hangat. Caranya masukkan kassa steril ke dalam air hangat lalu peraslah dan bersihkan secara perlahan “bekas darah” tersebut sampai terlepas.
3. Bengkak pada alat kelamin merupakan kejadian normal

Bekas suntikan obat anestesi/bius di pangkal penis (terutama bagian atas) terkadang dapat menimbulkan bengkak yang sebenarnya akan diserap sendiri oleh tubuh dan kempes dalam waktu 1-2 minggu. Jika dirasakan mengganggu boleh dibantu dengan cara mengkompresnya selama 5-10 menit dengan kassa yang dicelupkan air hangat, dapat dilakukan 2 kali dalam sehari. Perlakuan ini bisa dilakukan mulai 2 hari setelah berkhitan dan usahakan air tersebut tidak mengenai lukanya.
4. Mengatur Makanan
Sebenarnya tidak ada pantangan makanan tertentu yang khusus untuk pasien khitan. Ikan, telur dan daging bukan suatu “larangan untuk dimakan” karena hal tersebut hanyalah “mitos” yang salah dan banyak berkembang di masyarakat. Sebaliknya kandungan vitamin dan protein yang terkandung dalam makanan tersebut diperlukan tubuh untuk membantu proses penyembuhan luka agar lebih cepat kering.

Ikan, telur dan daging hanyalah pantangan bagi mereka yang memang “alergi” terhadap makanan tersebut. Cirinya adalah setiap kali orang tersebut mengkonsumsi makanan tersebut maka menyebabkan reaksi alergi (gatal, bentol, dan lain-lain) dan hal tersebut sudah berlangsung lama semenjak lahir/kecil dan bukan pada saat proses khitan saja.

Adapun pedas, mie dan minuman bersoda atau softdrink sebaiknya memang dihindari karena dapat mengganggu kesehatan secara umum, misalnya menimbulkan gangguan pencernaan atau radang tenggorokan yang dapat menurunkan kesehatan pasien secara umum. Hal tersebut akan menghambat proses penyembuhan luka khitan karena konsentrasi kekebalan tubuh jadi terpecah untuk menyembuhkan luka sekaligus mengobati masalah kesehatan yang lain. Jadi ada baiknya selama masa penyembuhan kita tidak memakan makanan yang bisa merugikan kesehatan kita.

5. Tidak Perlu berlebihan
Biasanya orang yang terlalu khawatir akan penyembuhan luka pasca khitan menggunakan berbagai obat ataupun salep secara berlebihan. Hal ini justru sangat tidak dianjurkan karena bisa menjadi kotoran yang berdampak pada infeksi bila tidak rajin dibersihkan.

Selama 4-5 hari setelah khitan sebaiknya mandi dengan cara dilap tubuhnya. Setelah waktu itu jika luka khitan sudah kering maka diperbolehkan mandi dengan air seperti biasanya.Gunakanlah sabun secukupnya dan tidak berlebihan agar tidak menyebabkan perih apabila mengenai bekas luka khitan.

Berbagai cara modern yang dilakukan sekarang untuk proses khitan seperti laser ternyata bisa berakibat pada luka yang tidak menutup sempurna. Sampai sekarang proses khitan metode konvensional yang klasik cukup baik disamping juga metode klamp.

6. Usahakan tidak bergerak terlalu aktif
Istirahat untuk beberapa hari sangat diperlukan untuk menghindari bengkak (oedem) yang berlebihan. Kalau memang harus berjalan, tidak apa-apa seperlunya. Yang penting jangan melakukan aktifitas yang berlebihan seperti melompat-lompat atau berlari-lari.

7. Kontrol dan Melepas Perban

Penggantian perban dapat dilakukan setiap 2-3 hari tergantung perkembangan luka khitan. Jika anda sudah mahir hal tersebut dapat dilakukan sendiri di rumah. Jika merasa kesulitan sebaiknya dibawa ke dokter.
Lakukan kontrol rutin ke dokter yang mengkhitan pada hari ketiga dan pada hari kelima-ketujuh apabila luka khitan sudah betul-betul kering maka perban bisa dilepaskan secara total. Sebelumnya lakukan pemberian air hangat, baby oil atau minyak kelapa pada perban dengan cara meneteskan secukupnya. Kulit luka dan perban akan melunak, sehingga mudah dilepaskan. Jika diperlukan, pelepasan perban dapat dibantu dengan penggunaan anestesi spray untuk mengurangi nyeri.

Semoga Bermanfaat dan lekas sembuh,

Al faqiir Ilallaahi Ta’ala

dr.Abu Hana El-Firdan

31 Comments

  1. Dok , saya mau tanya seminggu yg lalu anak saya sunat pada hari kelima sunat saya coba buka perban sendiri drumah namun ada sedikit pendarahan setelah perban dibuka dan darah itu skarang menjadi kering pertanyaan saya bagaimana cara membersihkan darah kering pada luka sunat tersebut?? Atau diam kan saja??

    1. Anak saya sunat Menggunakan metode sunat laser.
      tapi Ada gelembung berisi cairan, sudah 2 minggu tak kunjung kempes, kira2 normal apa tidak ya dok. ?
      dan untuk proses penyembuhan total nya butuh waktu brpa lama ?

      1. Dear Bunda Tiara, luka setelah selesai di khitan itu semacam seperti gendelen atau bengkak itu hal yg wajar, Insya Alloh akan kempes bertahap sembuhnya, untuk mempercepat kempes bisa dicoba dikompres pakai air hangat Bunda, Syafakalloh

  2. Maaf cm mw tanya..bengkak’y akan kempes dngn sendiri’y n dlm brp hari,juga boleh kah diolesi salep khloramfecort cream??Terimakasih🙏🏻🙏🏻🙏🏻

  3. Perban kitanya anak saya langsung lepas setelah yang mengkitanya pulang. Apakah itu bermasalah, apa yang harus saya lakukan

  4. Mau tanya,, apakah pengaruh setelah khitan banyak minum. Sperti anak saya hmpir satu bulan tp blm. Kempes minumnya banyak satu ht bs tiga botol aqua. Trima kasih.

  5. Assalamualaikum dok, anakku sdh 6 hari setelah sunat, tp luka bekas sunat itu masih kemerahan, bengkak, ada nanah..gmn solusinya dok
    . Terimakasih

  6. Anak saya baru di khitan dan tidak oke perban
    Yg terjadi skrang bengkak d penis dan sedikit trauma ketika tidur dia tidak pernah mau tidur seperti resah dan ngelindur padahal obat nya saya baca mengakibatkan ngantuk tapi seperti tidak bereaksi

  7. Assalamu’alaikum dokter…
    Anak sy umir 9 thn, sunat 7 hari yg lalu… di sekitar luka jahitan bnyk darah yg mengering, kesan nya menumpuk dan kotor…. walaupun sebagian darah kering tsb sdh mulai lepas sendiri….. apakah sisa-sisa darah kering itu boleh sy angkat dok… krn sy sdkit khawatir kalau yg terangkat adalah benang jahitannya…. mengingat kata dokter yg menyunat benang jahitan nya akan lepas dengan sendirinya.
    Mohon saran nya dokter….terima kasih

  8. Anak sy khitan tgl 26 des 2020..tp kenapa lukanya blm trrkelupas2 jg y dok..malah kl terkena air terkadang kayak basah lagi lukanya..

    1. Kena air mboten Bapak?
      Sudah makan telur yang banyak?
      Beli kapsul kutuk aja, isinya sama dengan VIP albumin yg harganya super mahal. Atau kalau pengen VIP albumin ya boleh. Yg penting makan telur 6 butir sehari kalau bisa, telur ayam biasa aja nggak perlu ayam kampung. Itu protein (albumin) nya kurang jd lukanya belum kering, Semoga segera sembuh, Salam Sehat Selalu

  9. Maaf dok mau tanya anak saya sudah hampir 10harian luka sunatnya lom kering, masih juga basah, blm kempis juga yg bengkak.. Mohon solusinya dok mungkin ada obat luar yg bisa mengeringkan buat lukany..
    Balas

    1. Cairan phantis itu antiseptik?
      Kalo iya tidak apa-apa Bapak, yg penting setelah dikasih itu kan diperban lg dan pastikan perbannya ga lembab.

  10. Udh 6hr ank sya d sunat,lika bdks khitan udh trlht kring tp sprt bnyk bekas salep yg kering. Ap boleh klo d rendem air hngt biar brsh stlh yu d ksh salep lg

  11. Assalamualaikum maaf mau tanya dok anak saya baru sunat 2 hari trus kata dokter nya klo mau pipis sudahnya di kasih lap basah aja smpe bersih tapi anak saya malah gak mau katany sakit kesentuh pun dia gak mau ya sudah untuk mengakalinya saya teteskan aja sedikit air ke ujung kepala zakar nya supaya bekas air kencing bersih ,apakah boleh?apakah tidak akan menghambat proses pengeringan?

    1. itu boleh. setelah ditetes air tetesi dgn bethadin.lebih sering akan lebih baik.atau setiap habis kencing, semoga lekas sembuh

  12. Slmt pagi dok. Sy mau bertanya . Tiga hri lalu ank sy telah di khitan . Dan sy CbA bersihkan dan ingin ganti kain kasa nya. Tp pas di lihat jahitan y msh sprti basah.
    Sy pun GK lanjutkan membuka perbannya.
    Trs apa yg hrs sy lakukan dok🙏

  13. Saya mau bertanya dok, anak saya sunat 2 minggu yang lalu. Menggunakan metode klemp. 1 mibggu setelah di lepas alat klemp nya, dia takut buang air kecil, katanya sakit dok.
    Dan setelah 1 minggu kemudian, saya liat setelah pipisnya, ada tetesan darah. Bagaimana yaa dok, bahaya tidak? Dan apa yang harus saya lakukan

  14. Dok. Saya ingin tanya seminggu yank lalu anak saya habis sunat setelah 10 hari kok jadi nya ningselep iya dok

    1. Apa anaknya gemuk njih Bunda? Klo pasien gemuk, biasanya terjadi penarikan lemak di ujung penisnya, sehingga kulupnya sedikit tidak ter lihat. Selama setelah sunat,luka nya sdh kering, insyaAlloh aman

  15. Ass,dok anak saya udh sunat 2 mgu yg lalu,,tp kulup nya gk keluar,ap mw di sunat lgi y,,?tp bdn anak sama memang gendut bngt,dng umur nya yg 9 thun bb nya 50 kg

  16. malam dok,anak saya 3 minggu yang lalu di sunat tepatnya tgl 7 agustus 2021..sekarang lukanya sudah kering..namun di pinggir dan bawah kepala penis ada koreng,bagai mana cara menghilangkannya?? apakah bisa lepas sendiri?
    soalnya sampe hari ini kalo mandi penisnya gak boleh kena air sama anak saya

  17. Dok saya mau nanya anak saya baru di sunat dg metode laser tp kenapa di bks luka nya ada seperti daging tumbuh itu gimana ya dok cara ngilangi nya trs apa nggak papa,mohon penjelasan nya dok

Berikan Komentar

Alamat Email Anda akan kami rahasiakan Isi kolom yang sebenarnya